Rabu, 15 Juni 2016

Tips Sehat Puasa Ibu Menyusui

Ibu menyusui tentu bisa berpuasa, keputusan untuk menjalankan puasa saat menyusui ditentukan oleh banyak hal, namun pada akhirnya pilihan tersebut ada di tangan sang Ibu.

Umumnya wanita yang menyusui juga tetap ingin menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, karena tak ingin ketinggalan moment berharga ini. Sebab pada bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah sehingga orang yang menyusui pun ingin tetap berpuasa, tapi agar aman dan tetap sehat perlu memperhatikan kiat-kiat berpuasa berikut:

Tips Sehat Ibu Menyusui - gambar: blogmedia.web.id

  • Konsumsi gizi seimbang
Ibu yang berpuasa saat menyusui perlu mendapat asupan gizi seimbang.  Ibu yang berpuasa sambil menyusui sebaiknya tetap makan tiga kali sehari yaitu pada waktu sahur, berbuka dan setelah shalat tarawih. Kombinasikan makanan yang dikonsumsi agar mendapat asupan gizi seimbang pada bulan puasa. Makanan harus mengandung zat gizi, protein, vitamin mineral dan berbagai asupan lain yang penting bagi tubuh. Karena itu, selalu sediakan buah dan sayur pada saat berbuka maupun sahur agar kebutuhan nutrisi ibu menyusui dapat tercukupi meskipun menjalani puasa.
  • Banyak minum air putih
 Ibu menyusui yang berpuasa sebaiknya cukup banyak minum air secara berkala dari saat buka hingga akhir waktu sahur. Bisa juga dengan mengonsumsi jus buah/sayur, air madu atau susu yang dikhususkan bagi Ibu menyusui. Cara ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi saat puasa agar kesehatan tubuh Ibu menyusui tetap terjaga.
  • Berpikir positif
Cara berpuasa Ibu menyusui agar tetap sehat juga harus dilakukan dengan pikiran positif. Rasa percaya diri bahwa tubuh sehat dan mampu menjalankan puasa selama bulan Ramadhan akan mengurangi kekhawatiran. Rasa cemas justru akan menimbulkan produksi hormon tertentu yang dapat mengganggu produksi ASI.
  • Makan buah kurma
Manfaat buah kurma untuk buka puasa memang luar biasa. Sebab kurma mengandung pemanis alami dan mudah dicerna sehingga bisa dengan cepat mengembalikan energi tubuh. Setelah seharian berpuasa, tubuh bisa saja drop, buah kurma ampuh untuk mengisi ulang energi tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi madu untuk menambah stamina, madu juga merupakan bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
Akhirnya, mau berpuasa atau tidak Ibu yang menyusui tergantung pilihan sang Ibu sendiri. Sebab Wanita yang menyusui boleh tidak berpuasa dengan menggantinya di kemudian hari atau membayar fidyah.
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Tips Ibu Muda | Blogger Template by Enny Law