Selasa, 23 Agustus 2016

Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin



Pada masa kehamilan seorang perempuan harus sangat teliti dan cermat, contohnya teliti dalam memilih makanan seperti buah dan sayur. Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih makanan karena akan berdampak negatif bagi kehamilannya. Mengkonsumsi buah adalah hal yang sangat baik akan tetapi tidak semua buah yang baik untuk ibu hamil. Dalam memilih buah tidak hanya dari segi rasa, akan tetapi kandungan yang ada pada buah. Berikut ini beberapa kandungan buah yang harus diperhatikan:

  •   Serat
Banyak ibu mengalami sembelit selama kehamilan, yang dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Dengan memasukkan serat dalam menu ibu hamil, anda membantu mempertahankan buang air kecil/besar secara teratur. Buah tinggi serat juga dapat membantu mengurangi risiko munculnya wasir dan sakit pinggang, yang umum terjadi selama kehamilan. Apel, pir, pisang, buah kiwi merupakan sumber serat yang baik. Ketika meningkatkan asupan serat, pastikan untuk minum cairan cukup.
  •   Folic Acid (Asam Folat)
Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung folic acid sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah gangguan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Buah-buahan seperti jeruk, jus jeruk, jus alpukat dan pepaya adalah buah yang bagus untuk menambahkan asam folat untuk menu hamil anda.
  •  Vitamin C
Vitamin C terkandung dalam banyak buah-buahan seperti jeruk, lemon, limau, melon, jeruk, stroberi, melon dan buah kiwi. Mendapatkan jumlah yang cukup vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi, yang merupakan mineral penting selama kehamilan. Pertimbangkan untuk menambahkan strowberi ke sarapan pagi anda, serta jeruk dan melon untuk camilan.
Terkadang ibu hamil merasa takut untuk mengkonsumsi buah-buahan karena akan berbahaya pada kehamilannya. Nahh, buah apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Yukk kita bahas lebih lanjut.

1.  Kurma
Kurma adalah buah yang akrab bagi kaum muslim. Apalagi ketika memasuki bulan Ramadhan, buah kurma akan lebih mudah kita dapatkan dipusat perbelanjaan. Buah kurma mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu juga mengandung kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan juga magnesium yang sangat baik untuk dikonsumis oleh ibu hamil. Kandungan zat besinya bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sehingga bagi ibu hamil disarankan karena pada masa kehamilan sangat rentan terhadap anemia. Kalium yang terdapat dalam buah kurma juga mampu mengatasi kram saat kehamilan. Kurma juga memperkuat dinding rahim. Dan pada trimester akhir, buah kurma sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk memberikan asupan energi yang dapat memperlancar selama proses persalinan bayi.
2.  Alpukat 
Buah yang berasal dari negara Meksiko ini disamping bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit, tapi juga bagus untuk kesehatan ibu yang sedang hamil. Kandungan asam folat dalam buah alpukat, kalium serta vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin selama kehamilan. Perkembangan otak sang bayi bisa ditunjang dari asupan asam folat yang terkandung dalam buah alpukat. Selain itu asam folat juga baik untuk membantu perkembangan tulang belakang sang janin. Kandungan vitamin B dalam alpukat bisa untuk mengatasi rasa mual dan muntah ketika masa kehamilan.
3.  Pisang
Pisang adalah sumber yang kaya vitamin B, C, kalium dan serat. Para ahli banyak merekomendasikan pisang pada ibu hamil, terutama selama trimester pertama, yang dapat membantu mencegah mual. Vitamin B6 dalam pisang membantu mempercepat pembentukan sel-sel darah merah serta membantu dalam mengembangkan otak dan sistem saraf bayi anda. Karena kaya akan serat, pisang membantu mencegah gangguan lambung dan memperbaiki pencernaan. Mengkonsumsi pisang juga membantu mencegah sembelit, masalah bagi kebanyakan wanita saat mereka hamil
4.  Apel
Apel merupakan buah yang baik untuk ibu hamil, karena mengandung banyak vitamin dan anti oksidant. Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, buah ini dapat menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Jadi, dengan mengkonsumsi buah apel anda bisa memenuhi asupan gizi.
5.  Mangga
Manfaat Buah Mangga bagi Ibu HamilBuah mangga termasuk buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah mangga dapat dapat meperlancar penceranaan. Kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.
6.  Jeruk
Manfaa buah jeruk untuk kehamilan hampir sama dengan buah mangga diantaranya yaitu dapat mengurangi mual, morning sickness dan masalah kesehatan yang biasa dialami selama kehamilan. Buah jeruk yang kaya dengan antioksidan yang baik untuk bayi.
7.  Anggur
Anggur kaya akan Vitamin A yang dapat membantu menstabilkan tingkat metabolisme. Selain itu, buah anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

Sumber :http://sehatsatu.com/buah-yang-baik-untuk-ibu-hamil/
http://www.kehamilanku.web.id/2014/12/8-buah-yang-baik-untuk-ibu-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Tips Ibu Muda | Blogger Template by Enny Law