Senin, 30 Mei 2016

TIPS SEHAT PUASA IBU HAMIL

Assalamualaikum....
Ramadhan sebentar lagi tiba, ini akan menjadi hari-hari yang cukup berat bagi ibu hamil bila mereka memilih tetap berpuasa sebab seorang ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang harus dijaga dengan baik agar ibu tetap fit dan bayi tetap sehat. Lalu, bagaimana caranya agar tetap dapat menjalani puasa dan bayi dalam kandungan tetap aman? simak tips yang dilansir dari Arabia English Baby Center berikut.

Tips Sehat Puasa Ibu Hamil - gambar: www.100sehat.com

1. Morning sickness saat puasa
Kehamilan pada trimester pertama biasanya ibu hamil sering merasa mual atau biasa disebut morning sickness. Jika ibu hamil mengalami hal ini dan mempengaruhi kondisi saat berpuasa, maka sebaiknya konsulutasikan dengan bidan atau dokter kandungan.

2. Makan makanan dengan nutrisi yang tepat saat sahur dan berbuka
Puasa bagi ibu hamil diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan fisik oleh banyak dokter apabila ibu hamil tidak pernah mendapatkan gangguan kesehatan yang cukup serius dan mempunyai fisik yang cukup kuat. hal yang anda harus perhatikan adalah hindari stress sebisa mungkin, cukup istirahat dan makan makanan dengan nutrisi yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

3. Makan perlahan-lahan
Saat tiba waktu berbuka, jangan langsung melahap hidangan yang tersedia. Makanlah sedikit demi sedikit secara bertahap dan perlahan-lahan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan.

4. Mengakhirkan makan sahur
Penting untuk ibu hamil agar tahan lapar lebih lama, makanlah pada saat menjelang waktu imsak tiba.

5. Cegah sembelit
Untuk dapat mencegah sembelit, bisa diatasi dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi kurma secukupnya.

6. Minum banyak air
Meminum banyak air sangat dianjurkan setiap hari, baik saat sahur atau saat berbuka. Hal ini agar ibu hamil terhindar dari dehidrasi pada saat berpuasa.

7. Penuhi asupan protein hewani
Makanan yang disarankan untuk ibu hamil yang sedang berpuasa adalah protein hewani seperti daging, ikan, ayam, serta telur.

8. Konsumsi buah dan sayuran
Makan sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan bagi ibu hamil apalagi saat sedang berpuasa.

9. Kurangi karbohidrat dan lemak
Asupan karbohidrat dan lemak perlu diperhatikan, sebaiknya sementara waktu kurangi jenis makanan seperti ini dengan kesehatan kandungan.

10. Periksakan kandungan secara rutin
perhatikan selalu beberapa masalah yang mungkin terjadi seperti gangguan asma, tekanan darah tinggi, gangguan pada ginjal, diabetes, resiko bayi prematur, dan berbagai gejala kehamilan yang timbul. karena masalah tersebut biasanya akan membuat ibu hamil disarankan untuk tidak berpuasa. konsultasikan pada dokter kandungan ibu.

11. Jangan memaksakan diri berpuasa
apabila ibu tidak kuat untuk berpuasa dan merasakn kelainan seperti pusing, sesak nafas, pandangan sedikit kabur dan merasakan gerakan yang terasa lemah dari bayi. Sebaiknya ibu jangan memakasakan diri untuk berpuasa karena hal tersebut menjadi keringanan.

itulah tips yang dapat saya bagi, jika anda memilih untuk tidak berpuasa, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada orang yang mengerti fikih islam. terimakasih, wassalamualaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Tips Ibu Muda | Blogger Template by Enny Law